Belajar Edit Photo


Pada kesempatan ini saya akan mencoba untuk memberikan sedikit tips bagaimana Anda membuat Photo Anda menjadi lebih terkesan artistik. Saya akan menggunakan Photo dari keponakan saya bersama sepupunya.

My beautiful picture

Sebelum

20

Sesudah

Untuk itu silahkan Anda ikuti langkah-langkah berikut dengan teliti supaya hasilnya maksimal.

Langkah 1

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah buka Photo yang akan anda buat seperti gambar di atas. Kemudian setelah Photonya dibuka tekan CTRL + J untuk membuat duplikatnya dan akan muncul Layer 1 di atas Background seperti gambar berikut.

02

Langkah 2

Selanjutnya kita akan menambahkan satu layer baru diantara Background dan Layer 1. Untuk melakukannya klik terlebih dahulu Background kemudian klik toolbar Create New Layer atau tekan CTRL + SHIFT + N kemudian ENTER atau klik menu Layer > New > Layer… maka akan muncul Layer 2 seperti yang terlihat pada gambar berikut.

03

Langkah 3

Pada bagian ini kita akan memberikan warna hitam pada Layer 2 yang telah kita buat. Tekan terlebih dahulu D untuk mereset warna default yaitu Black pada Foreground dan White pada Background.

04

Selanjutnya klik Layer 2, tekan ALT + DELETE seperti yang terlihat pada gambar berikut.

05

Langkah 4

Sekarang kita akan membuat layer baru lagi yang posisinya di atas layer 2. Klik Layer 2, kemudian klik toolbar Create New Layer, maka akan muncul Layer 3 seperti yang terlihat pada gambar berikut.

06

Langkah 5

Lanjut sekarang kita akan mulai untuk membuat bingkai kecil yang nantinya bisa kita copy paste dengan mudah. Klik layer 3 terlebih dahulu, klik Rectangle Marquee Tool, kemudian buat kotak di dalam Photo seperti yang terlihat pada gambar berikut.

07

Langkah 6

Pada langkah ini kita akan memberikan warna pada kotak yang sudah kita buat dengan warna hitam. Untuk itu langsung saja tekan ALT + DELETE seperti yang terlihat pada gambar berikut.

08

Langkah 7

Sekarang kita akan memotong Photo tersebut sesuai dengan ukuran kotak yang sudah kita buat. Klik Layer 1, kemudian tekan CTRL + ALT + G atau klik menu Layer > Create Clipping Mask seperti yang terlihat pada gambar berikut.

09

Hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut.

10

Langkah 8

Sekarang kita kembali akan membuat layer baru yang posisinya di atas layer 2. Silahkan klik terlebih dahulu Layer 2, kemudian klik toolbar Create New Layer, maka akan muncul Layer 4 seperti pada gambar berikut.

11

Langkah 9

Untuk membuat bingkai tentunya kita harus membuat satu kotak lagi yang lebih besar dari kotak yang pertama kita buat. Untuk itu klik Layer 4 dan klik kembali toolbar Rectangular Marquee Tool, kemudian buat kotak yang lebih besar di luar kotak yang pertama seperti yang terlihat pada gambar berikut.

12

Langkah 10

Pada kotak yang pertama kita berikan warna hitam, nah untuk kotak yang kedua ini yang berfungsi sebagai warna bingkai, silahkan pilih warna kesukaan Anda. Pada tutorial ini saya gunakan warna putih saja. Langkahnya sangat mudah, langsung saja tekan CTRL + DELETE dan hasilnya akan muncul seperti gambar berikut.

My beautiful picture

Langkah 11

Kita akan memberikan sedikit bayangan agar supaya bingkai yang kita buat nanti berkesan menumpuk (ada yang posisinya diatas dan ada yang posisinya dibawah).
Silahkan klik Layer 4 kemudian klik toolbar Layer Styles > Drop Shadows yang terlihat seperti gambar berikut.

14

Setelah muncul kotak dialog Layer Style, sesuaikan nominal dari masing-masing kriterianya seperti gambar berikut.

15

Jika sudah lanjut klik OK. Hasilnya tidak akan terlihat dengan jelas disini, tapi nanti Anda bisa lihat sendiri bagaimana hasilnya setelah bingkai tersebut kita buat banyak.

Langkah 12

Langkah yang Anda lakukan sudah 85%, selanjutnya kita akan mengunci Layer 3 dan Layer 4 agar nanti pada saat kita ingin membesarkan atau mengecilkan ukurannya atau sedikit memiringkannya tidak sulit. Klik Layer 3, tekan dan tahan SHIFT, klik Layer 4 kemudian klik toolbar Link Layers seperti pada gambar berikut.

16

Langkah 13

Untuk memperbanyak bingkai yang sudah kita buat sebelumnya, kita harus menggabungkan Layer 1, Layer 3 dan Layer 4. Caranya klik terlebih dahulu Layer 1 kemudian tekan dan tahan SHIFT lalu klik Layer 3 dan Layer 4 seperti yang terlihat pada gambar berikut.

17

Jika sudah lanjut dengan menekan CTRL + G seperti yang terlihat pada gambar berikut.

18

Untuk melihat kembali Layer 1, Layer 3 dan Layer 4 klik saja tanda segitiga yang ada di sebelah kiri Group 1.

Langkah 14

Sekarang Anda berada di langkah terakhir yaitu membuat duplikat dari Group 1 tersebut. Caranya klik kanan pada Group 1 kemudian klik pilihan Duplicate Group… lalu OK seperti yang terlihat pada gambar berikut.

19

Jika group baru sudah muncul klik segitiga yang ada di sebelah kirinya kemudian pilih salah satu antara Layer 3 dan Layer 4. Tekan CTRL + T, kemudian putar dan pindahkan sesuai dengan keinginan Anda. Begitu seterusnya sampai Photo Anda bentuknya seperti gambar di bawah ini.

My beautiful picture

Hasil dari yang Anda buat mungkin akan berbeda dari hasil yang saya miliki. Buatlah seindah mungkin sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Sekian dari saya, terima kasih dan selamat mencoba…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s