Cara Membuat File PDF


Mungkin ada salah satu dari teman-teman semua yang belum tau bagaimana cara membuat file PDF. Pertama yang harus kita tau adalah KENAPA PDF?

PDF merupakan sebuah rangkuman dokumen yang biasanya digunakan untuk membuat E-BOOK atau artikel yang ingin diterbitkan secara online, karena file PDF ini mampu mengkonversi file dengan ukuran yang besar menjadi ukuran yang kecil (compression).

Nah…salah satu Software Freeware untuk membuat file PDF yang akan saya bagikan ke teman-teman semuanya adalah PrimoPDFMaker, untuk mendapatkan softwarenya silahkan download disini…

Kurang lengkap rasanya jika saya tidak menjelaskan disini bagaimana cara instalasi dan cara penggunaan dari PrimoPDFMaker ini. Untuk itu silahkan itu step by step langkah-langkah berikut.

INSTALASI

  • Klik FreewarePrimoSetup.exe kemudian akan muncul kotak dialog berikut.

  • Klik Next untuk melanjutkan, berikutnya muncul kotak dialog berikut.

     

  • Klik pilihan I agree to the terms of the license agreement, selanjutnya klik Next maka muncul kotak dialog selanjutnya seperti gambar berikut.  

  • Tentukan lokasi dimana Anda ingin menyimpan file instalasi dari PrimoPDFMaker ini, sebaiknya tidak dirubah dan klik saja Next kemudian muncul kotak dialog berikut.  
     
  • Kotak dialog diatas adalah kotak dialog konfirmasi yang menginformasikan tentang tempat file instalasi dan shortcut yang digunakan. Klik saja Next untuk melanjutkan ke langkah berikutnya, kemudian proses instalasi akan secara dilakukan seperti gambar berikut.  
  • Tunggulah proses instalasi selesai hingga muncul kotak dialog berikut.  
  • Isikanlah informasi yang dibutuhkan jika Anda ingin mendapatkan e-mail tentang update terbaru dari pembuat Software ini. Jika Anda tidak ingin menerima e-mail, semuanya bisa dikosongkan. Klik Next dan jika muncul kotak dialog berikut klik saja Finish

CARA PENGGUNAAN

  • Untuk membuat file dengan format PDF sangatlah mudah. Buatlah dokumen menggunakan Microsoft Office Word, Excel atau yang lainnya. Kemudian klik File > Print, maka muncul kotak dialog berikut. 

  • Klik PrimoPDF untuk memulai mengubah file anda menjadi file PDF, selanjutnya klik Print dan akan muncul kotak dialog berikut.  
     
  • Ubahlah beberapa setting seperlunya, seperti misalnya Document Properties, PDF Security dan Save As adalah tempat dimana Anda akan menyimpan hasil dari file PDF ini. Kalau setting sudah sesuai dengan yang Anda inginkan klik Create PDF. Setelah itu file PDF tersebut akan langsung dibuka dengan Adobe Acrobat Reader atau Adobe Photoshop atau software lainnya yang menjadi default pembuka file PDF di komputer Anda. Kenapa file PDF tersebut langsung terbuka setelah tersimpan??? Karena pada kotak dialog di atas pada pilihan Post Process Anda memilih Open PDF. Jika Anda tidak menginginkan hal itu terjadi klik pilihan Do Nothing.

Itulah sedikit uraian Saya tentang Bagaimana Membuat File PDF, untuk Anda yang mungkin memakai software PDF Maker yang lain, langkah-langkah yang digunakan juga berbeda, tetapi jika Anda sudah mengerti inti dari permasalahan ini maka Anda tidak akan bingung lagi.

Sekian dari Saya, semoga bermanfaat dan jangan lupa juga untuk komentar Anda…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s